Sehubungan dengan pemutakhiran data anggota MGMP Matematika SMP Kota Makassar, diharapkan kepada seluruh guru Matematika yang mengajar di SMP Negeri se-Kota Makassar agar mengisi data melalui tautan http://gg.gg/mathmks

Sunday, March 24, 2019

Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Salah satu konsekuensi guru sebagai jabatan fungsional adalah guru dituntut melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) sehingga guru dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional. Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya salah satunya dengan publikasi ilmiah (KTI).

Penulisan karya tulis ilmiah bagi guru dapat berfungsi sebagai rujukan/referensi untuk meningkatkan wawasan atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Dengan menulis karya ilmiah akan bermanfaat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual, disamping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, MGMP Matematika SMP Kota Makassar berinisiatif melaksanakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK). Hadir sebagai narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Drs. H. Muhammad Hasri, M.Hum (Widyaiswara LPPPTK KPTK).

Dalam paparannya, pemateri yang sering disapa pak Hasri tidak banyak memberikan teori melainkan semua peserta diarahkan untuk membuat draf proposal penelitian. Setiap peserta diminta menuliskan sebanyak-banyaknya masalah yang dihadapi di kelas, yang selanjutnya disebut variabel Y atau variabel terikat. Kemudian selanjutnya menuliskan sebanyak-banyaknya strategi pembelajaran yang bisa dilaksanakan di kelasnya, yang selanjutnya disebut variabel x atau variabel bebas. Peserta lalu diminta memasangkan setiap anggota kelompok masalah (variabel Y) dengan anggota kelompok variabel bebas (variabel X).

Selanjutnya setiap peserta diminta memilih salah satu pasangan X dan Y untuk dituliskan pada lembar kertas yang lain kemudian meramunya menjadi sebuah Judul berdasarkan jenis penelitian yang diinginkan. Misalnya, peserta memilih Penelitian Tindakan Kelas maka judulnya "Peningkatan Y melalui X" atau "Mengatasi Masalah Y dengan X". Selain itu, peserta juga diminta menuliskan sebanyak-banyaknya kata-kata yang terkait dengan masing-masing variabel X dan Y lalu menghubungkannya melalui sebuah peta konsep. Peta konsep inilah yang menjadi kerangka konsep peserta dalam menyusun draf proposal mulai dari Latar Belakang sampai instrumen penelitian.
Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini tidak sampai pada Penyusunan proposal saja. Melainkan akan terus ditindaklanjuti secara bertahap hingga akhirnya setiap peserta diharapkan bisa menghasilkan sebuah Karya Tulis Ilmiah.

Materi Workshop dapat diunduh pada link berikut:

 MATERI WORKSHOP

Share:

0 comments:

Post a Comment

Visi

"Mewujudkan guru matematika profesional yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berwawasan luas"

Search This Blog

Komentar Terbaru

Translate

Followers