Mewujudkan guru matematika profesional yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berwawasan luas

Wednesday, October 30, 2019

MGMP Matematika SMP di Makassar Dibanjiri Peserta

Hari ini MGMP Matematika SMP Kota Makassar kembali mengadakan pertemuan rutin di aula Penerbit Erlangga yang bertempat di jalan Hertasning Makassar. Pertemuan kali ini agak jauh berbeda dari pertemuan sebelumnya. Pertemuan kali ini dibanjiri peserta dari guru-guru Matematika yang berasal dari SMP/MTs baik Negeri maupun swasta se-kota Makassar. Tercatat ada 114 orang guru mengikuti kegiatan yang  bertajuk Pengembangan Media/ Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika ini.
Para peserta mengikuti materi yang dibawakan oleh pak Saharuddin Darmin ini dengan penuh antusias. Tempat pelaksanaan yang kondusif dan muatan materi yang sangat sesuai dengan tuntutan pembelajaran era 4.0 menjadi hal yang cukup menarik minat para peserta. Kali ini peserta disuguhi pemanfaatan aplikasi Geogebra, Photomath, dan Mathway dalam pembelajaran matematika. 
Kegiatan ini sempat tertunda dengan adanya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi yang pelaksanaannya mulanya direncanakan di bulan Oktober. Karena pelaksanaan PKB diundur ke bulan Nopember, maka pertemuan rutin MGMP pun berhasil terlaksana sekalipun di penghujung Oktober. Kendatipun pelaksanaan kegiatan MGMP baru kali ini diadakan di luar hari Sabtu, tapi ternyata tidak mengendorkan semangat para guru matematika SMP di kota Makassar untuk terus belajar demi meningkatkan kompetensi pembelajaran mereka.
Pada kegiatan ini turut dibagikan sertifikat bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan tahun sebelumnya. Tidak semua peserta berhasil mendapatkan sertifikat sekalipun pernah mengikuti kegiatan MGMP di tahun sebelumnya. Pengurus MGMP tetap pada komitmennya menjadikan frekuensi kehadiran peserta dalam setiap kegiatan sebagai syarat utama untuk memperoleh sertifikat pelatihan yang dilaksanakan di MGMP. Hadir pada kegiatan MGMP belum cukup untuk mendapatkan sertifikat bagi peserta. Setiap peserta harus menghadiri setidaknya 30% dari seluruh rangkaian kegiatan dan pelatihan pada setiap pertemuan yang dilaksanakan di MGMP.
Keaktifan MGMP Matematika SMP kota Makassar dalam upaya peningkatan kompetensi guru matematika di kota Makassar cukup menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan MGMP ini sebagai rujukan bagi MGMP yang lain. Kesibukan para pengurus dan anggota tidak pernah menyurutkan semangat mereka untuk melaksanakan pertemuan yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pembelajaran yang muaranya pada peningkatan kompetensi peserta didik. (jt)


Share:

0 comments:

Post a Comment

Visi

"Mewujudkan guru matematika profesional yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berwawasan luas"

Search This Blog

Komentar Terbaru

Translate

Followers