Mewujudkan guru matematika profesional yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berwawasan luas

Friday, March 19, 2021

Workshop Penyusunan Soal AKM (Lingkup Numerasi)

MGMP Matematika SMP Kota Makassar, sabtu 20 Maret 2021

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai salah satu bagian dari asesemen nasional sebagai pengganti dari UN pada  program kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui program Merdeka belajar, AKM merupakan tema yang sedang trend dibicarakan di dunia pendidikan belakangan ini. AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Muatan pada AKM yag akan diberikan kepada murid meliputi Numerasi, Literasi dan survey karakter.

Karena pentingnya masalah AKM ini, maka kegiatan  MGMP matematika SMP Kota Makassar kali ini mengangkat tema ini yang di kemas dalam bentuk Workshop “WORKSHOP PENULISAN SOAL AKM ( lingkup Numerasi)”. Hal ini juga sesuai dengan program kerja MGMP Matematika SMP kota Makassar tahun 2021. Dalam kegiatan kali ini sabtu, 20 Maret 2021, yang bertempat di UPT SPF SMP N 7 Makassar, diikuti oleh 62 peserta yang berasal dari SMP Negeri dan Swasta se kota Makassar. Kegitan ini diawali dengan pembahasan masalah-masalah dalam pembelajaran baik terkait konten materi maupun metode dan strategi pembelajarannya. Beberapa peserta mengungkapkan permasalahan yang dialami selama pembelajaran Daring. 

Ibu A.Waru Paluseri dari SMP N 30 Makassar mengungkapkan permasalahan yakni bagaimana menilai murid dalam pembelajaran untuk siswa kelas IX yang tidak pernah aktif dalam pembelajaran daring., terlebih lagi mereka sebentar lagi akan menjadi alumni. Bu andi yang merupakan wakasek kurikulum SMPN 30 Makassar ini meminta sumbangsi saran dan solusi pada forum terkait permasalahan tersebut.  Beberapa solusi kemudian diungkapkan oleh peserta lain diantaranya  oleh Ibu Mutmainnah dari SMPN 20 Makassar,dan juga pak Yahya dari SMPN 26 Makassar. Solusi yang diungkapkan misalnya memanggil siswa yang tidak aktif belajar daring, untuk datang ke sekolah dengan tetap memperhatikan prokes, atau dengan berkunjung ke rumah murid yang tidak ikut belajar secara daring.

Kegiatan Workshop Penyusunan Soal AKM di lanjutkan ke materi inti. Sebagaimana di sampaikan  oleh bapak Najamuddin,S.Pd.,M.Pd selaku pemateri dalam giat MGMP matematika SMP Kota Makassar bahwa hal yang dikembangkan dalam AKM adalah kemampuan literasi membaca dan numerasi. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapsitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkonstribusi secara produktif kepada masyarakat. Berikut adalah kemampuan numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelsaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Negara Indonesia dan dunia.

Antusias peserta mengikuti kegiatan terlihat jelas dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan, dan sangat aktif dan tekun dalam tugas penyusunan soal AKM. Sebagaimana dijelaskan oleh pemateri yang dipandu oleh moderator bapak Aras,S.Pd bahwa bentuk soal AKM ada lima yaitu Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian singkat dan Uraian. Selanjutnya di jelaskan bahwa konteks numerasi terfokus pada tiga aspek. 
  1. Personal, berkaitan dengan kepentingan diri secara pribadi
  2. Sosial budaya, berkaitan dengan kepentingan antar individu, budaya dan isu kemasyarakatan
  3. Saintifik, berkaitan dengan isu aktifitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristik.

Dari bentuk soal ini peserta di pandu untuk membuat soal berdasrkan tiga level kognitif yaitu, Knowing (pemahaman), Applying (penerapan), dan Reasoning (penalaran). Dengan domain konten Bilangan, Geometri d an Pengukuran, Aljabar,dan Data dan ketidakpastian.Setiap pesert a menyusun soal dengan terlebih dahulu memilih stimulus yang sesuai dengan domain dan kompetensi yang akan dicapai. Dalam kegiatan workshop kali ini setiap peserta di tugaskan menyusun satu stimulus dan membuat minimal tiga soal dengan level kognitif yang bervariasi. (Sy)

>> Sertifikat bagi peserta yang dinyatakan lulus pada kegiatan ini dapat diunduh melalui tautan berikut:













Share:
Location: Jl. Cakalang No.1, Totaka, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Visi

"Mewujudkan guru matematika profesional yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berwawasan luas"

Search This Blog

Komentar Terbaru

Translate

Followers